Minggu, 23 Februari 2014

Teknik Geologi di Indonesia

Wah, gak kerasa ya udah mau lulus-lulusan (ada yang mau lulus SD, SMP, dan terutama yang SMA) di akhir tahun ajaran 2013/2014 ini. Tapi, jangan seneng dulu, karena sebelum lulus-lulusan kalian mesti lulus dulu dari serangkaian ujian kelulusan siswa seperti UN (Ujian Nasional). Setelah itu SNMPTN dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi lainnya masih menunggu. Belum lagi bingung mau milih jurusan apa. Nah, kalau kamu bingung, coba deh pilih jurusan ini: Teknik Geologi.

Prospek gak tuh jurusannya? Bicara soal prospek, semua jurusan pasti punya prospeknya masing-masing. Namun diakui, ada beberapa jurusan tertentu yang kebutuhan akan lulusannya cukup besar (makanya dibilang jurusan yang prospek). Bisa dibilang kalo teknik geologi adalah salah satu di antaranya.

Geologi berasal dari dua kata yaitu geo yang berarti bumi dan logos yang berarti ilmu. Singkatnya, geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi. Karena bumi itu luas, makanya teknik geologi termasuk jurusan yang punya prospek. Lah, belajarnya aja tentang bumi, yang notabene luas banget dong. Di teknik geologi, segala hal mengenai bumi akan dipelajari, seperti batuan, fosil, mineral, geotermal, batubara, gunungapi, dan sebagainya. Luasnya cakupan ilmu di teknik geologi memberikan kesempatan bagi para lulusannya untuk menekuni salah satu bidang minat tersebut. Peluang kerja pun cukup banyak. Dalam hal ini, peluang kerja dapat dibagi menjadi beberapa lingkup atau bidang kerja, yaitu:
  1. Oil & Geothermal Company (Pertamina, Chevron, dsb),
  2. Mining Company (Kaltim Prima Coal, ANTAM, dsb),
  3. Oil Services Company (Haliburton, Schlumberger, dsb),
  4. Mining Services Company (PAMA Persada, Cipta Kridatama, dsb),
  5. Kementerian (Kementerian ESDM, PU, dan sebagainya),
  6. Instansi Pemerintahan Non-Kementerian (Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi, SKK Migas, dan sebagainya),
  7. Konsultan Geologi,
  8. Dosen Teknik Geologi,
  9. dan masih banyak lagi yang lainnya.
Terus, universitas apa aja yang buka jurusan teknik geologi? Ini dia sedikit review mengenai Program Studi S1 Teknik Geologi di Indonesia.
  1. Institut Teknologi Bandung

    Program Studi Geologi, FITB-ITB ini didirikan pada tahun 1959. Prof Klompe pertama kali memperkenalkan program studi ini pada tahun 1950 sebagai bagian dari Fakultas Sains, Universitas Indonesia di Bandung. Sejak 1999, Program Studi ini telah menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian dan Teknologi Mineral, ITB. Selama lebih dari 40 tahun, program studi ini telah menjadi program studi ilmu kebumian terbesar di Indonesia dan telah terakreditasi dengan nilai-nilai yang sangat baik sejak tahun 1998. Untuk saat ini, Departemen Teknik Geologi ITB memiliki 40 dosen, dengan dukungan 8 profesor, 19 bergelar doktor, 13 dengan gelar master, dan ditambah dukungan 7 dosen tamu dan profesor emeritus. Program studi ini didukung oleh 13 teknisi dan 9 staf administrasi. Fasilitas pendidikannya selain ruang kelas juga mencakup 10 laboratorium, satu studio, dan satu perpustakaan.
    Download Kurikulum Teknik Geologi ITB
  2. Universitas Gadjah Mada

    Visi Program Studi Teknik Geologi UGM:
    Membangan kepercayaan dan kebanggaan sebagai pusat unggulan dalam geologi terapan dengan kualitas internasional di bidang pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.
    Misi Program Studi Teknik Geologi UGM:
    1. Mempromosikan paradigma baru dalam pendidikan geologi dan implikasinya terhadap kehidupan manusia.
    2. Menghasilkan lulusan yang dapat berkompetisi di pasar global.
    3. Melakukan riset dan pelayanan di bidang sumberdaya mineral dan energi, serta bidang geologi lingkungan.
    Ini ada video tentang profil Teknik Geologi UGM dan himpunan mahasiswanya.
    Profil Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM
    Profil Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi UGM 
  3. Universitas Padjadjaran

    Berdiri pada tahun 1959 sebagai Jurusan Geologi di bawah naungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam Unpad dengan pendiri utama Mayor Jendral (Purn) Prof. Dr. Moestopo dan Drs. Koesmono. Kegiatan resmi dimulai tanggal 17 November 1959 dengan mahasiswa berjumlah 17 orang. Kegiatan perkuliahan dibina oleh dosen tetap Drs. Koesmono dan tiga dosen luar biasa, yaitu Dr. S. Sartono, Drs. R. Soeria Atmadja, dan Drs. A. Asikin.
    Jurusan Teknik Geologi ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Teknik Geologi berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No. 2607/J06/Kep/Kp/2007 tanggal 12 Desember 2007. Sampai kini, Fakultas Teknik Geologi telah mendapat kepercayaan dan pengakuan cukup tinggi dari masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah mahasiswa dan jumlah lulusan yang terus meningkat setiap tahunnya.
    Saat ini terdapat 10 bidang kajian pengembangan riset yang bernaung di bawah 10 laboratorium yaitu:
    - Bidang Geokimia dan Geothermal
    - Bidang Geologi Dinamik
    - Bidang Geofisika
    - Bidang Paleontologi
    - Bidang Petrologi dan Mineralogi
    - Bidang Sedimentologi dan Geologi Struktur
    - Bidang Geologi Teknik
    - Bidang Hidrogeologi dan Geologi Lingkungan
    - Bidang Stratigrafi
    - Bidang Geomorfologi dan Remote Sensing
    Download Profil Fakultas Teknik Geologi Unpad
  4.  Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

    Teknik Geologi UPN "Veteran" Yogyakarta berdiri sejak 1958. Saat ini memiliki 43 dosen pengajar dengan 5 dosen bergelar profesor, 10 dosen bergelar doktor, 24 dosen bergelar magister, dan 4 orang dosen sedang mengambil kuliah S3. Kegiatan perkuliahan juga ditunjang dengan adanya 7 laboratorium yaitu laboratorium geologi dinamis, petrologi, sedimentologi, paleontologi, geologi teknik, geokomputasi, dan geomorfologi. Teknik Geologi UPN didirikan dengan misi program studi yaitu:
      1. Menyelenggarakan pendidikan dan riset IPTEK kebumian berbasis kompetensi dengan dukungan kurikulum bernuansa riset.
      2. Mencetak sarjana-sarjana teknologi mineral yang memiliki jati diri semangat kebangsaan, nilai kejuangan, disiplin, dan kreatif, serta mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman.
      3. Menciptakan produk-produk Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung pembangunan nasional.
      4. Membangun sumberdaya manusia di bidang ESDM yang kredibel di tingkat nasional maupun internasional.
      Download Kurikulum Teknik Geologi UPN
    1. Universitas Diponegoro

      Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, yang hingga saat ini sudah memiliki program Strata Satu bidang Teknik Sipil, Arsitektur, Kimia, Mesin, Elektro, Planologi, Industri, Lingkungan, dan Perkapalan, ingin berperan aktif dalam upaya mengatasi kebutuhan sarjana teknik geologi yang dirasa masih kurang, terutama dalam era otonomi daerah dan desentralisasi. Dengan melewati berbagai perjuangan, akhirnya Departemen Pendidikan Nasional, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, memberikan izin penyelenggaraan pendirian Program Studi Teknik Geologi, Universitas Diponegoro, Semarang, dengan surat bemomor: 3024/D/T/2004, tertanggal 4 Agustus 2004. 
      Program Studi Teknik Geologi Universitas Diponegoro didirikan dengan mencanangkan visi: Menjadi institusi yang menghasilkan sarjana Teknik Geologi yang menguasai secara professional ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kebumian yang berwawasan lingkungan dan institusi riset yang unggul pada tahun 2020 sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
      Dalam rangka mencapai visi tersebut, Program Studi Teknik Geologi Undip mempunyai misi yaitu:
      1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan profesional dalam bidang pengetahuan dan teknologi kebumian.
      2. Melaksanakan dan selalu meningkatkan kegiatan penelitian secara intensif dan berkala bagi tenaga pengajar dan mahasiswa, dalam bidang pengetahuan dan teknologi kebumian.
      3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta turut berpartisipasi dalam penyelesaian masalah pembangunan yang terkait dengan bidang kebumian.
       Download Kurikulum Teknik Geologi Undip
    Sebenarnya, masih banyak lagi jurusan teknik geologi yang ada di beberapa universitas di Indonesia. Tapi mohon maaf ya tidak semuanya bisa terbahas. Profil 5 program studi teknik geologi tadi hanya sebagai gambaran umum untuk menambah wawasan kita. Kenapa cuma 5 aja yang di-review? Tidak ada maksud apa-apa. Hanya saja penulis udah keburu pegel buat ngelanjutin tulisannya hehehe.

    Banyaknya jurusan teknik geologi ini tentu menimbulkan persaingan yang cukup ketat. Namun, bukan berarti antar jurusan teknik geologi saling bermusuhan lho. Malahan semua mahasiswa teknik geologi itu dihimpun dalam satu wadah. Ya, sesama himpunan mahasiswanya membentuk satu organisasi atau perkumpulan yang menjadi tempat bagi para mahasiswa geologi di seluruh Indonesia. Organisasi tersebut diberi nama PERHIMAGI (Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia).

    Katanya tadi ada banyak jurusan teknik geologi di Indonesia? Emangnya apa aja? Total ada 17 jurusan teknik geologi tingkat S1 di Indonesia (banyak juga ya). Ke-17 jurusan tersebut bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini, lengkap dengan akreditasinya masing-masing. Overall, semoga informasi tentang "Teknik Geologi di Indonesia" yang sudah saya berikan dari awal page ini dapat memberikan gambaran yang jelas bagi siapa saja yang membutuhkan. Salam Geologi!!

    41 komentar:

    1. bagus informasinya,

      asli orang cirebon mas?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya asli Cirebon mas. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya :)

        Hapus
    2. Waah keren gan . Thanks buat infonya gan . Kalau boleh tahu, mas ini mahasiswa geologi atau sudah bekerja?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama gan, terima kasih atas kunjungannya. Kebetulan masih jadi mahasiswa gan

        Hapus
    3. hallo kak :)
      sy siswa kls 12 yg lg bingung milih jurusan. mau tanya nih, apa prodi ini byk peminatnya? dan apa aja yg dipelajari di teknik geologi ini? apakah sesulit yg sy fikir -_-
      terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hallo juga devi :)
        Peminat dan daya tampung suatu prodi bisa dilihat di website www.sbmptn.or.id untuk jalur masuk melalui SBMPTN dan/atau www.snmptn.ac.id untuk jalur masuk melalui SNMPTN. Mungkin secara umum yang dipelajari di sini yaitu seputar energi dan sumberdaya alam, kebencanaan geologi, dan isu-isu geologi lingkungan. Semua ilmu memang punya tingkat kesulitannya masing-masing. Kalau soal sulit gak nya sih relatif, antara satu orang dengan orang yang lain mungkin beda (contohnya ada orang yang merasa sulit di matematika, ada yang merasa sulit di pelajaran menghafal gitu, dan sebagainya). Jadi, yang penting punya semangat buat belajar aja ya, apapun pilihan jurusannya. Semoga sukses.

        Hapus
    4. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu :)

      BalasHapus
    5. Kak mau tanya, tek geologi itu lebih banyak menghafal atau menghitung? Dan apa yg utama dipelajari disana? Trimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ada menghafalnya ada menghitungnya. Mungkin persentasenya lebih banyak menghafal. Tetapi bukan menghafal juga sih. Ada istilah yang namanya "interpretasi" atau "menafsirkan suatu kejadian geologi". Yang utama untuk dipelajari di sini adalah batuan. Apanya yang dipelajari? Batuan menyimpan cerita yang bisa dipelajari untuk menggali potensi suatu sumberdaya alam. Kurang lebih secara umum begitu. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya :)

        Hapus
    6. Mau tanya, lulusan geologi apa bisa bekerja di bmkg/pvmbg ? thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa, tahun 2014 kemarin tes seleksi CPNS dari geologi tersedia formasi untuk instansi PVMBG. Namun, untuk BMKG setahu saya tidak bisa soalnya BMKG punya sekolah dinas sendiri namanya AMKG, yang lulusannya nanti langsung disalurkan di sana. Terima kasih atas kunjungannya :)

        Hapus
    7. Makasih atas jawabanya. Saya mau tanya lagi soal perkuliahan di tek geologi. Apa benar,sering melakukan observasi didaerah yg jauh dan jarang didatangi? Lalu untuk cewek sendiri apa sudah banyak di tek geologi? Untuk masuk geologi pelajaran apa yg paling diutamakan? Maaf ya kak banyak tanya. Hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama safira. Saya coba jawab kembali pertanyaannya. Iya benar, kadang-kadang ada observasi di daerah terpencil gitu. Tapi ga terisolir banget kok, masih ada beberapa penduduk di sekitarnya. Mungkin kalau di luar Jawa bisa jadi, karena penduduknya jarang. Untuk cewek mungkin bisa mencapai seperlima dari jumlah mahasiswa yang diterima (pihak universitas tidak membatasi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan jenis kelamin, justru syarat yang penting tidak boleh buta warna). Saya sendiri sering bingung kalau ditanya pelajaran apa yang diutamakan di geologi hehe. Yang jelas seleksi masuknya pake pelajaran-pelajaran SMA, tetapi saat kuliah ya dimulai dari nol lagi istilahnya. Mungkin berbeda dengan jurusan teknik kimia, misalnya, yang memang kudu bisa kimia dari basic-nya. Maaf juga ya banyak jawaban yang tidak membantu hehe. Terima kasih sudah berkunjung :)

        Hapus
    8. Wah, bagus banget infonya mas :)
      Oh iya, kalau boleh tau. Mas Arziprayogi kuliah di UPN Jogja kan?. Mau tanya UPN Jogja Penerimaan MaBa nya dilaksanakan kapan ya? Saya sudah cari-cari infonya tapi kok belum ketermu info yang pasti. Terimakasih :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, betul. Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Yogyakarta mengikuti jadwal dan prosedur SBMPTN. Jadi, bisa dilihat di website resmi www.sbmptn.or.id. Terima kasih atas kunjungannya.

        Hapus
    9. Mas mau nanya, seberapa besar peluang anak SMK diterima di UPN? karena setau saya sedikit peluangnya, kan notabene kebanyakan anak SMA mas.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Peluangnya sama saja Putri. Panitia seleksi tidak peduli asal sekolahnya, yang penting nilai tes masuknya memenuhi syarat. Semoga membantu ya.

        Hapus
    10. Satu lgi min Teknik Geologi Unsri

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya betul, ada juga teknik geologi di Unsri. Terima kasih atas tambahannya.

        Hapus
      2. teknik geologi unsri fokus atas kajian batubara dan CBM

        Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sepertinya boleh-boleh saja. Yang tidak boleh itu buta warna, baik total maupun parsial. Terima kasih.

        Hapus
    12. Mau tanya kak lulusan teknik geologi perempuan apa di perhitungkan dengan perusahaan ? sama seperti laki"??

      BalasHapus
      Balasan
      1. Diperhitungkan kok. Tapi mungkin untuk bagian eksplorasinya kebanyakan laki-laki, meskipun perempuan juga ada beberapa. Sekarang udah zamannya emansipasi, jadi siapapun bisa. Terima kasih.

        Hapus
    13. Mas saya mau tanya nih, kira kira soal tes masuk untuk tek. geologi itu seperti apa? apakah lebih mengarah ke geografi? terus bagaimana dengan peserta yang berasal dari jurusan ipa, yang notabene tidak mempelajari geografi? Makasih.. :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. tes masuknya mengikuti jalur ipa (matematika, kimia, fisika, biologi, bahasa indonesia, bahasa inggris). tidak ada sangkut pautnya dengan geografi. terima kasih juga sudah mampir ke blog ini. salam.

        Hapus
    14. saya mau tanya, apa bisa dari S1 fisika melanjutkan study ke S2 teknik geologi? trus apa dari fisika bisa kerja di BMKG? maaf pertanyaannya sedikit melenceng. terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf banget ya baru dibalas. Bisa, terutama jika pada saat S1 fisika mengambil konsentrasi studi bidang geofisikanya. Lulusan fisika bisa kerja di BMKG jika instansi ini membuka kesempatan tersebut. Soalnya, setahu saya, BMKG mempunyai sekolah kedinasannya sendiri yaitu AMKG. Terima kasih juga sudah mampir ke blog ini :)

        Hapus
    15. maksih mas infonya, saya baru masuk jadi mahasiswa geologi soalnya XD

      BalasHapus
    16. Wah mas kira2 peminat teknik geologi dr tahun ke tahun meningkat nggak? Trs kursi yg disediakan di sbmptn banyak nggak? Terimakasih mas

      BalasHapus
      Balasan
      1. setahu saya dari tahun 2013 kebawah peminat jurusan teknik geologi, pertambangan dan perminyakan semakin menurun.
        akibat krisis harga migas dan tambang.

        Hapus
    17. Maaf kak mau tanya
      Jadi pertimbangan kah bila anak smk tehnik komputer ingin mengambil tehnik geologi. Itu kan melenceng jauh :) mohon pendapatnya kak. Trimakasih

      BalasHapus
    18. Maaf kak mau tanya
      Jadi pertimbangan kah bila anak smk tehnik komputer ingin mengambil tehnik geologi. Itu kan melenceng jauh :) mohon pendapatnya kak. Trimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yang jadi pertimbangan adalah hasil tes seleksinya. Dan bukan berasal dari kelas IPS juga, hehe. Silahkan dicoba, semoga sukses ya..

        Hapus
    19. ada lagi teknik geologi universitas pertamina hehe

      BalasHapus
    20. Izin menambahkan. Ada teknik geologi di ITERA kak..

      BalasHapus
    21. Izin menambahkan. Ada teknik geologi di ITERA kak..

      BalasHapus
    22. Kak, saya sekarang kelas 12 dan rencana saya kuliah mau ambil jurusan tek.geologi di upn juga.. Tapi setelah saya perdalam dan searching juga ttg jurusan ini, yang saya baca kalo cewek bakalan didominasi sama cowok. Kira² salah ga sih kak kalo misalkan cewe ngambil jurusn ini? Dan kira² apa pengetahuan dasar tek.geologi di upn kak? Terimakasih

      BalasHapus
    23. Permisi mas kebetulan saya juga berasal dari cirebon dan saat ini saya berkuliah di upn jurusan TG19

      BalasHapus